Saturday, September 9, 2017

Cara Agar Hasil Jahitan Lurus

Cara menjahit agar bisa lurus dari mesin jahit tentunya berkaitan dengan rapinya suatu jahitan. Biasanya bagi mereka yang baru belajar (seperti saya)menjahit dengan menggunakan mesin jahit masih kesulitan untuk melakukannya. Sangat sulit sampai saya hampir menangis 😫 gara-gara lebih 50 jahitan riject semua. Di artikel ini khusus mengulas cara menjahit supaya mendapatkan hasil yang lurus dan rapi.

Menjahit merupakan sebuah keahlian yang melekat pada kaum wanita sejak dahulu. Namun dikarenakan perkembangan zaman maka menjahit menjadi sebuah profesi, bahkan berpotensi sebagai peluang usaha yang tak ada matinya. Disebabkan menjahit adalah keahlian atau kompentensi maka dibutuhkan waktu untuk menguasainya dengan banyak latihan dan praktik menjahit. Menjahit bukan memang tak mudah tetapi jika kita mau sabar belajar terus maka kita bisa menguasai mesin jahit dengan mudah.

Cara Menjahit Agar Bisa Lurus dari Mesin Jahit

Mendapatkan hasil jahitan yang rapi serta lurus pada dasarnya tidak ada teknik khusus, namun lebih mengandalkan kebiasaan bersama benang dan jarum jahit. Jadi tanamkan dalam diri siap berlatih menjahit setiap hari dengan rutin, agar keahlian menjahit yang lurus bisa segera dicapai. Berikut sebuah panduan bersama mesin jahit yang bisa membantu pembaca cepat menjahit lurus dan rapi.

1. Pengukuran

Pengukuran menjadi langkah awal yang menentukan kualitas jahitan seseorang. Sebelum memotong kain yang akan dijahit, pastikan ukuran yang telah digambar sesuai dengan desain yang dirancang sebelumnya. Ukuran yang salah bisa mengakibatkan hasil jahitan kita tidak lurus dan melenceng. Tipsnya lakukan pengecekan ulang terhadap ukuran dari setiap gambar potongan kain sebelum dipotong dengan gunting.

2. Menggambar pola dengan pensil

Gambar pola dengan pensil pada sebuah kain membantu kita menentukan ukuran dan potongan kain yang pas. Gambar kain dengan memperhatikan bentuk kain dibandingkan dengan pola baju yang akan dijahit. Selain untuk menghemat kain, gambar pola yang baik berguna mengurangi kesalahan dalam menjahit nantinya.

3. Menggunakan jarum pentul

Jarum pentul berfungsi membantu penjahit untuk merapikan kain yang akan dijahit. Sebab terkadang kain tidak mau menempel dengan baik, sehingga butuh jarum pentul untuk membuatnya tidak kusut. Namun jangan terlalu banyak meletakkan jarum pentul karena mempersulit dalam meletakkan kain di mesin jahit, gunakan jarum pentul seperlunya saja.

4. Letakkan kain dengan baik di mesin jahit

Posisi kain sebaiknya diubah-ubah agar memperoleh posisi yang paling tepat, yakni tidak kusut atau berkerut. Untuk membuatnya lurus bisa dibantu dengan kedua tangan. Pastikan kain dalam kondisi lurus bebas kerutan sebelum menjalankan mesin jahit.

Sekian uraian cara menjahit agar bisa lurus dari mesin jahit, dan semoga segera pandai menjahit. Dan doakan saya juga supaya lekas pintar menjahit. Hehe. Jangan lupa baca artikel lain di blog ini. Terima kasih sudah mampir.

No comments:

Post a Comment